SEKILAS INFOSelamat Datang Di Website Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Katingan �

Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)

Bookmark and Share
Selasa, 20 Juni 2017 - 09:08:02 WIB » Diposting oleh : admin user » Hits : 434 » Kegiatan

Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Katingan diadakan pada hari Senin , tanggal 22 Mei 2017 dengan lokasi rapat di  Aula Rapat Bappelitbang Kabupaten Katingan. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Badan Perencana Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Katingan . Tujuan Rapat ini yaitu menindaklanjuti perihal kegiatan TPID dan perkembangan harga pasar di Kabupaten Katingan demi mengantisipasi kenaikan harga yang terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 25-26 Juni 2017, serta sekaligus launching website harga pangan Kabupaten Katingan.

Isi Acara Rapat  :

1)     Paparan dari Deputi Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah

2)     Paparan dari Kepala Bappelitbang Kabupaten Katingan

3)     Launching Website Harga Pangan Kabupaten Katingan oleh Bapak Sekretaris Daerah KabupatenKatingan

4)     Paparan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan yang disampaikan oleh Bapak               Sekretaris Dinas

5)     Paparan dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Katingan             yang disampaikan oleh Ibu Sekretaris Dinas

6)     Paparan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Katingan yang disampaikan           oleh Bapak Sekretaris Dinas.

7)     Diskusi

Kesimpulan Rapat Tim TPID :

  1. Keterbatasan dalam akses jalur transportasi darat berpengaruh terhadap tingginya harga barang pada kecamatan yang lokasinya jauh dari ibukota kabupaten, hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah.
  2. Pemerintah khususnya instansi terkait, wajib mendorong tumbuhnya budaya bercocok tanam di masyarakat sehingga masyarakat dapat menghasilkan sendiri komoditas pertanian yang diperlukan.
  3. Perlu menindaklanjuti informasi dari BI terutama mengenai pasar murah  dan pasar penyeimbang, serta pelatihan untuk petugas pengumpul harga pasar.
  4. Perlu dilakukan revisi susunan keanggotaan Tim Pengendali Inflasi Kabupaten Katingan dengan acuan Intruksi Menteri Dalam Negeri RI No 027/1696/SJ tentang Menjaga Keterjangkauan Barang dan Jasa di Daerah. 

Berita Lainnya